Property Semarang : Mengenal Ciri-Ciri Desain Rumah Mewah Masa Kini Yang Cocok Untuk Anda

Property Semarang : Mengenal Ciri-Ciri Desain Rumah Mewah Masa Kini Yang Cocok Untuk Anda

Biasanya rumah dengan gaya mewah atau “luxury” identik dengan nuansa klasik dengan ornamen kristal dan ukiran yang khas pada setiap sudutnya. Memang hal tersebut tidaklah salah, namun sebenarnya definisi dari rumah mewah lebih dari hal itu. Rumah modern dengan luas bangunan 300 meter persegi dapat digolongkan dalam rumah mewat.

Sebuah rumah dikatakan mewah apabila dibangun dengan spesifikasi terbaik, diisi dengan furnitur mewah, serta berada di area yang strategi (misalnya dekat dengan fasilitan umum). Berdasarkan desain arsitektur dan desain interior, rumah mewah mengalami perubahan dari tahun ke tahun. Apalagi Indonesia merupakan negara beriklim teropis, maka konsep rumah mewah harus disesuaikan tanpa mengesampingkan penampilan yang elegan. Rumah modern tropis adalah rumah masa kini yang dibangun dengan mementingkan unsur-unsur yang ada di dalamnya sehingga mudah diadaptasikan dengan iklim yang tropis.

Ada beberapa ciri khas yang melekap pasa rumha mewah. Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini:

1.      Fasad megah

Tampilan fasad atau depan rumah telah menjadi identitas apakah rumah anda termasuk mewah atau bukan. Hal ini karena fasad merupakan hal pertama yang dilihat oleh orang-orang saat hendak berkunjung ke rumah anda. Fasad dapat dianggap sebagai ekspresi yang mewakili kepribadian pemilik rumah.

2.      Pagar yang tinggi

Pagar adalah ornamen paling depan pada rumah, pagar bukan hanya sekadar pembatas rumah dengan jalan. Pagar yang tinggi memiliki fungsi sebagai pengaman rumah hal yang tidak diinginkan seperti pencurian. Selain itu, pagar tinggi juga memiliki fungsi estetika eksterior rumah anda.

3.      Memiliki pilar yang simetris

Pilar tidak hanya memperkuat konstruksi sebuah bangunan saja, namun adanya pilar akan mempertegas nilai estetika rumah anda. Pengaplikasian pilar dalam desain rumha mewan akan memberikan kesan megah dan fungsional. Seperti bangunan dengan gaya arsitektur klasik Yunani dan Romawi kuno. Gaya klasik ini identik dengan 2 atau 4 kolom polar tinggi yang berada di depan rumah. Ciri khas yang paling mudah ditemukan pada rumah klasik adalah detail ukiran pada kolom dan jendela, atau yang lebih dikenal dengan detail molding.

4.      Foyer yang luas

Foyer merupakan tempat pemisah antara teras rumah dan ruang tamu. Area ini merupakan area pertama yang dilihat tamu saat memasuki rumah. Pada beberapa negara yang mengalami musim dingin, area foyer yang luas berfungsi sebagai penghambat udara dingin masuk ke ruang tamu. Sedangkan untuk rumah-rumah yang ada di Indonesia, foyer sering kali digunakan sebagai ruangan etalase yang dipenuhi dengan karya seni atau foto keluarga.

5.      Ruang tamu sebagai jantung rumah yang nyaman bagi siapa saja yang berkunjung

Ruang tamu sering mendapatkan perhatian khusus dari segi desain maupun kenyamanan. Penggunaan sofa yang berbagan kulit, dinding dan furnitur dengan unsur dekoratif yang unik merupakan salah satu tanda khas pada rumah mewah klasik. Sedangkan pada rumah mewah tropis modern, ruang tamu sering dikaitkan dengan furnitur bergaya clean look dan earthy tone (warna-warna berunsur alam atau bumi)

6.      Kamar tidur pribadi

Desain kamar tidur dalam rumah mewah umumnya memiliki ruangan yang luas beserta dekorasi yang khas di berbagai sudut. Selain itu dalam kamar tidur biasanya dilengkapi dengan reading area lengkap dengna lampu baca dan bench.

7.      Dapur bukan hanya sekadar sebagai pelengkap

Dapur adalah salah satu ruangan yang tidak boleh diabaikan saat membangun sebuah rumah. Dapur merupakan tempat untuk memasak dan menyantap makanan. Namun semakin berkembangnya zaman fungsi dapur pun berkembang sebagai jantung rumah dan memiliki desain tren dan gaya hidup penghuninya. Pengaplikasian island table kerap dijumpai pada rumah mewah modern.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *