Property Semarang :  Ingin Memulai Usaha? Simak Tips Memilih Tempat Usaha Yang Strategis

Property Semarang :  Ingin Memulai Usaha? Simak Tips Memilih Tempat Usaha Yang Strategis

Memilih tempat usaha yang strategis dan menguntungkan bukanlah hal yang mudah khususnya bagi anda yang baru melangkah dalam dunia bisnis. Saat anda memutuskan untuk membuka usaha di tempat baru baik itu cabang baru atau usaha yang baru dirintis, ada baik untuk melakukan survei terlebih dahulu. Survei tempat pun harus disesuaikan dengan kebutuhan anda.

Bukan hanya hal itu, lokasi usaha yang strategis tentu akan mendorong kemajuan bisnis dan lamanya bisnis anda bertahan. Tunggu jangan ambil pusing dulu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk menentukan tempat usaha yang strategis antara lain:

1.      Sesuaikan dengan jenis usaha anda

Ada berbagai jenis usaha yang dapat anda temukan mulai dari usaha kuliner, percetakan, elektronik, ataupun furniture. Yang pastinya setiap jenis usaha memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. Misalnya usaha dealer mobil yang membutuhkan gedung luas dan berada tak jauh dari jalan raya. Sedangkan usaha fotokopi dan percetakan tidak terlalu membutuhkan ruang yang besar untuk dapat beroperasi. Sebelum memutuskan tempat mana yang anda pilih, pastikan anda mengakomodir segala keperluan mulai dari ruang kantor, penyimpanan barang dan peralatan kantor (gudang), area penjualan, hingga tempat istirahat.

2.      Tentukan siapa target pasar anda

Setiap usaha tentu segmentasi pasar yang berbeda-beda. Segementasi pasar yang menjadi calon komsumen anda sangat penting dalam menemukan lokasi tempat usaha atau ruko yang strategis. Sebagai contoh, anda ingin memulai bisnis tour dan travel anda bisa membuka usaha di kawasan wisata yang ramai baik itu lokal maupun mancanegara. Jika anda mmebuka usaha les private atau bimbel maka pilihlah lokasi yang dekat dengan sekolah-sekolah.

3.      Perhatikan kompetitor setempat

Jika saat ini adalah momen anda memulai usaha baru, maka lebih baik anda memilih lokasi yang belum ada atau belum terlalu banyak jenis usaha yang sama dengan anda. Menjadi pelopor usaha di lokasi tertentu akan jauh lebih mengunungkan, hal ini karena anda belum memiliki kompetitor lain. Akan tetapi jika lokasi yang anda pilih dekat dengan kompetitor, maka ini akan menjadi tantangan anda. Anda harus menciptakan berbagai inovasi untuk lebih atraktif dibanding kompetitor lainnya.

4.      Ketahui sejarah lokasi yang anda pilih

Sebelum menyetujui kontrak dengan pihak penjual, ada baiknya anda mencari tahu latar belakang atau sejarah bangunan yang anda pilih untuk membuka usaha (terutama bangunan yang sudah jadi). Usahakan bangunan yang anda pilih tidak memiliki sejarah yang menjatuhkan citra usaha anda pada pelanggan.

Jika perlu anda bisa menyakannya pada pengusaha yang menempati bangunan tersebut sebelumnya. Serta tanyakan apa penyebab mengapa ia tutup, apakah faktor bangunan dan lokasi, atau bisa saja dari manajemen tempat usaha yang kurang baik.

5.      Periksa kondis infrastruktur bangunan

Sebuah usaha yang strategis bukan hanya ditandai dari lokasinya saja, namun dari segi infrastruktur pun juga berpengaruh besar. Periksalah apakah ada bagian bangunan yang akan membahayakan usaha anda misalnya kebocoran. Jika iya segera atasi kebocoran pada bangunan. Selain itu, tempat yang akan anda pilih memiliki sirkulasi udara yang baik sehingga membuat siapa pun yang masuk akan merasa nyaman.

Sirkulai udara yang buruk dapat menyebabkan dinding bangunan menjadi lembab. Dinding yang lembab akan berpengaruh buruk bagi usaha anda, selain anda harus melakukan perbaikan. Dinding yang lembab dapat menimbulkan jamur dan warna cat dinding dapat memudar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *