Property Semarang :  Bingung Beli Rumah Jadi Atau Bangun Rumah Sendiri? Simak Beberapa Pertimbanganya

Property Semarang :  Bingung Beli Rumah Jadi Atau Bangun Rumah Sendiri? Simak Beberapa Pertimbanganya

Setiap orang tentu membutuhkan tempat tinggal karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Meskipun anda bisa tinggal dalam rumah yang dikontrakan ataupun disewakan. Namun tetap saja pasti ada keinginan untuk memiliki rumah sendiri bukan? Tentu anda akan merasa lebih tenang jika memiliki rumah sendiri, karena tak ada tagihan sewa yang harus dibayarkan.

Untuk memiliki rumah pribadi, ternyata ada 2 cara yang bisa anda lakukan, pertama adalah membeli rumah yang siap huni baik itu pemukiman sederhanan ataupun kompleks perumahan mewah. Sementara cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan membangun rumah impian sendiri. Tentu baik membeli ataupun membangun rumah memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Agar anda tidak merasa bingung. Berikut ini ada beberapa hal yang dapat anda jadikan bahan pertimbangan simak penjelasannya.

Saat anda memilih untuk membangun rumah sendiri…

Membangun rumah tentu memiliki keuntungan bagi anda, apalagi jika anda memiliki pandangan spesifik mengenai hunian yang diimpikan. Berikut ini adalah keuntungannya antara lain:

1.      Bebas membuat desain rumah sesuai keinginan

Jika anda memilih untuk membangun rumah sendiri tentu anda diberi kebebasan untuk mendesain rumah sesuka hati. Apalagi anda tentu memiliki beberapa ruangan khusus dan tata letak rumah yang bisa diatur sendiri. Selain itu anda pun bisa berdiskusi dengan tim untuk membangun rumah impian keluarga.

Selain itu anda juga dapat memberikan sentuhan detail sesuai dengan kreatifitas yang dimiliki, sehingga rumah anda terlihat unik.

2.      Anda tak perlu melakukan pembayaran kredit untuk memiliki rumah pribadi

Ada beberapa orang yang terkadang memaksakan diri untuk memiliki rumah sesuai dengan apa yang diinginkan dengan tipe tertentu. Sehingga terkadang mereka menempuhnya dengan pembayaran yang kurang sehat misalnya dengan berutang, kredit dengan bunga yang tinggi. Apabila anda memilih membangun rumah sendiri maka anda akan terhindar risiko tekanan hutang. Terkadang hutang adalah salah satu faktor membengkaknya pengeluaran anda.

Jika anda memilih membeli rumah siap huni..

Lain halnya jika anda memilih untuk membeli rumah yang siap huni, tentu ada beberapa keuntungan yang anda peroleh antara lain:

1.      Lebih hemat biaya dan waktu karena tanpa proses pembangunan

Karena anda tidak memerlukan proses pembangunan tentu hal ini akan lebih membantu anda dalam biaya pembangunan dan waktu. Anda bisa langsung menempati rumah yang sudah tersedia sesuai dengan model rumah yang anda inginkan. Selain itu anda tidak akan mengkrak pembangunan jika budget yang dimiliki menipis.

Bagi anda yang baru berkeluarga membeli rumah jadi sangat disarankan karena hal ini akan mempercepat anda ke langkah lain seperti membuka bisnis atau berinvestasi.

2.      Sistem in home menghemat biaya tinggal anda

Meskipun anda tidak membeli dengan tunai, namun adanya sistem in home bisa menjadi salah satu opsi. Ketika anda merasa “klik” dengan rumah dan perjanjian jual beli secara kredit. Maka cicilan dapat anda bayar sambil menempati rumah tersebut.

3.      Anda dapat menabung untuk biaya renovasi

Karena anda tidak mengeluarkan biaya pembangunan, maka anda dapat menysisihkan uang untuk biaya renovasi nanti. Setelah anda menempati rumah tentu ada kalanya ada beberapa bagian yang harus dirawat atau diperbaiki entah itu berat maupun ringan. Sehingga tabungan tersebut dapat anda alokasikan untuk renovasi rumah di kemudian hari.

Lalu mana yang harus anda pilih?

Membeli rumah siap jadi sangat cocok untuk anda yang menyukai hal praktis, namun jika anda memilih untuk membangun rumha sendiri sebaiknya perhatikan kondisi keuangan yang dimiliki. Membangun rumah tentu perlu budget yang lebih besar.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *